Mengukur Jarak Menggunakan Sensor Ultra Sonic HC-SR04 Menggunakan BASCOM AVR - Full Code

Assalamualaikum Wr Wb...

Halo sobat MIKRODB, kali ini saya akan sharing mengenai Sensor Ultrasonic HC-SR04. Kebetulan sekali kemaren kita sedang membahas mengenai sensor tersebut di workshop dan sekalian dah kita share disini. 

Pertama kita perhatikan dulu bentuk fisik dari sensor nya dan konfigurasi pin nya , sbb :

 



1. 5V Supply

2. Trigger Pulse Input

3. Echo Pulse Output 

4. 0V Ground

 

 

 

 


Sensor ini memiliki Range pengukuran antara 2cm - 400cm dengan akurasi kurang lebih 3mm ( sesuai datasheet : http://www.micropik.com/PDF/HCSR04.pdf ) . Sensor ini bisa dikatan cukup bagus untuk membuat bberapa aplikasi sederhana disisi lain harga nya pun cukup murah. Setelah kita mengetahui konfigurasi pin dari sensor ini, selanjutnya adalah prinsip kerja dari sensor ini.

Berikut adalah cara kerja sensor ultrasonics:

1. Pertama kita kasih output logic high pada pin Trigger selama 10uS (10 mikro detik )

2. Selanjutnya module akan secara otomatis memancarkan rentetan 8 buah signal sebesar 40KHz pada Transmitter dan pin pada Echo akan berlogika high  

3. Selanjutnya, ketika ada objek yang menghalangi di depan sensor, maka akan terjadi pantulan signal ultrasonics tersebut dan diterima oleh Receiver sehingga pin Echo akan berlogic Low dan kita akan mendapatkan waktu ( T ) ketika pin echo  berlogic High sampai pin echo berlogic Low tersebut kita kalikan dengan kecepatan rambat suara di udara (340m/s ). Lalu hasil nya kita bagi 2, karena waktu ( T ) yang di dapat tadi adalah hasil dari pantulan / waktu bolak balik. 


Kurang lebih  cara kerjanya adalah seperti itu, jika ada kekeliruan mohon di koreksi ya gan. Oke , selanjutnya kita akan mulai membahas masalah Program, disini saya menggunakan bahasa Basic dan Bascom AVR sebagai compiler nya. Ada beberapa cara untuk masalah perhitungan nya, kita bisa menggunakan fasilitas Timer yang disediakan pada AVR atau kita bisa menggunakan teknik Increment nilai variabel secara konvensional. Namun untuk bahasan kali ini saya akan menggunakan fasilitas Timer. Pada AVR terdapat 3 buat Timer yang bisa kita pilih ( Timer 0 dan 2 : Timer 8 bit , dan Timer 1 : Timer 16 bit ). 

Berikut adalah Program Lengkap nya :

'==================================================================

Jual Papan Display Suku Bunga dan Kurs Bank

JUAL PAPAN DISPLAY SUKU BUNGA dan KURS BANK...

Menerima pesanan sesuai permintaan. Kami berikan harga terbaik bagi anda...Produk berkualitas dan bergaransi...

 


 Untuk info lebih lanjut hubungi kami di :


 Hubungi :

 Pin BB : 7CBDC00A
 Email   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Jual Running Text Berbagai Ukuran ( Indoor / outdoor )


Ketemu lagi nih...kali ini MIKRODB mau nawarin Running Text berbagai ukuran sesuai kebutuhan..baik untuk di dalam ruangan ( indoor ) atau di luar ruangan ( outdoor ).

Running Text ini sangat cocok untuk papan informasi / papan nama usaha / iklan2 usaha, dll ..dengan menggunakan running text ini akan terlihat lebih dinamis...

 

 

Untuk pemesanan silahkan hubungi :

 Hubungi :

 Pin BB : 7CBDC00A
 Email   : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.